Friday, May 5, 2017

WAKTU SUBUH BISA MENIKAM MU

Oleh : Dayendra Sasri

Allah SWT bersumpah di dalam Surat Al-Fajr, “Demi fajar (waktu subuh)”. Kemudian dalam Al-Falaq Allah mengingatkan, “Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh”. Ada apa sebenarnya dengan waktu subuh? Mengapa Allah sampai bersumpah demi waktu subuh, dan mengapa pula kita harus berlindung kepada yang menguasai waktu subuh. Apakah waktu subuh benar-benar sangat berbahaya?

Ilustrasi sholat subuh
Benar saja, ternyata waktu subuh memang benar-benar sangat berbahaya. Waktu subuh itu lebih kejam dari sekawan perampok bersenjata api. Waktu bisa lebih menyengsarakan dari derita kemiskinan. Waktu subuh bahkan lebih bahaya dari kobaran api yang disiram bensin. Jika ada perampok yang menyantroni rumah kita, dan mengambil paksa semua barang yang kita miliki.
Perhiasan, uang, emas dan barang-barang berharga lainnya yang dirampas. Bisa kita bayangkan betapa pedihnya kita didalam menerima kenyataan itu.

Tapi ketahuilah, sebenarnya waktu subuh lebih kejam dari perampok itu, sebab jika kita tergilas waktu subuh, sehingga melalaikan sholat fajar, maka kita akan menderita kerugian yang jauh lebih besar dari pada sekedar kehilangan uang, emas atau bahkan mobil. Kita bahkan akan kehilangan dunia dan segala isinya. Ingat, “dua rakaat fajar lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim).

Waktu subuh juga bisa lebih menyengsarakan dari sekedar kemiskinan di dunia, sebab bagi orang-orang yang tergilas waktu subuh, sehingga mengabaikan sholat subuh, sehingga mengabaikan sholat subuh berjamama’ah di masjid, maka pada hakikatnya, merekalah orang-orang miskin sejati yang hanya mendapatkan upah 1% dari 150% dan hanya mendapatkan  0,70% saja dari pahala sholatnya.

Kemudian “... dan barang siapa yang sholat subuh berjama'ah, maka ia bagaikan sholat semalam suntuk.” (HR. Muslim).

Sholat semalam suntuk adalah sholat yang dikerjakan mulai dari tenggelamnya matahari sampai terbit fajar. Fantastis, sholat 10 jam, atau kurang lebih sama dengan 150 kali sholat. Jadi betapa agungnya fadillah sholat subuh berjama’ah ini, khususnya bagi kaum Adam.dan betapa malangnya orang yang tergilas waktu subuh, yaitu orang-orang yang mengabaikan sholat subuh berjama’ah di masjid.

Waktu subuh juga lebih berbahaya dari kobaran api yang disiram bensin. Mengapa demikian? Karena Rasulullah bersabda, bahwa orang yang tidak mampu melaksanakan sholat subuh berjama’ah kedudukannya setara dengan orang munafik.

“sesungguhnya tidak yang dirasa berat oleh seorang munafik, kecuali melaksanakan sholat isya' dan sholat subuh. Sekiranya mereka tahu akan keagungan pahalanya, niscaya mereka bakal mendatangi (ke mesjid, sholat berjama’ah) sekalipun harus berjalan merangkak-rangkak.” (HR. Bukhari Muslim).
Orang yang tergilas waktu subuh sehingga tidak mampu mendatangi masjid untuk sholat berjama’ah, sesungguhnya adalah orang yang dalam keadaan terancam bahaya, karena dirinya disetarakan dengan orang munafik. Sebab ancaman bagi orang munafik adalah Neraka Jannaham. “Sesungguhnya Allah akan mengumpulkan orang-orang munafik dan orang-orang kafir di dalam jahannam.” (An-Nisa : 140).

Bukankan Jahannam lebih berbahaya dari sekedar kobaran api yang disiram bensin? Untuk itu, agar kita tidak merasakan gilasan waktu subuh yang mengerikan, maka : "Katakanlah! Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai waktu subuh." (Surah Al-Falaq ayat 1). yaitu dengan memanfaatkan waktu subuh sebaik-baiknya danakukan sholat sunnah (sholat fajar) dan sholat berjama'ah di masjid terutama bagi laki-laki.

Tapi ada satu pertanyaan yang tersisa, yaitu mengapa waktu subuh bisa menggilas kita? Sebab, kalau kita mau memperhatikan, sesungguhnya waktu subuh adalah waktu yang paling berat buat kita yang ingin beribadah. Mengapa? karena waktu subuh adalah waktu yang paling tenang, sehingga sangat pas buat menenggelamkan diri dalam tidur nyenyak dan bermimpi indah. Umumnya suhu udara waktu subuh lebih dingin dibanding waktu lainnya, sehingga membuat yang sedang tertidur jadi makin merapatkan selimutnya.

Tapi yang paling berbahaya adalah kalau kita sampai terkena kepung pasukan iblis, yang akan mengencingi telinga kita, agar tidak bisa mendengar panggilan Asholatu'imaduddin " Sholat itu lebih baik dari pada tidur." dari pengeras suara masjid, dan meniup-niup mata kita sehingga mata kita seperti di lem atau kelopaknya bagaikan dibanduli dengan beban jutaan ton, sehingga sangat susah untuk dibuka.
Suasana waktu subuh dan hasil daya upaya pasukan iblis itulah yang akan menggilas niat kita dan tekad kita untuk bangun dan mendirikan sholat. Sehingga kita terus terkapar tanpa daya diatas buaian tidur lelap dan mimpi indah dan melalaikan sholat fajar serta sholat subuh berjama'ah di masjid. Jadi jangan anggap remeh kekuatan waktu subuh dalam mematahkan atau menggilas iman kita, sehingga iman kita tidak bisa bertumbuh dengan subur oleh siraman fadilah sholat fajar dan sholat subuh berjama'ah.

Wallahu a'lam..

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari godaan setan yang terkutuk dan semoga Allah selalu memberikan kita kesabaran dalam setiap ujiannya dan memberikan rahmat karunia-Nya kepada kita semua. Aamiin...

No comments:

Post a Comment