Saturday, May 6, 2017

MENYINGKAP PESONA KECAMATAN KAPUR IX

Oleh : Dayendra Sasri

Bagi kamu yang tidak berada di Kabupaten 50 Kota mungkin sangat asing dengan Kecamatan Kapur IX. Kecamatan Kapur IX adalah salah satu kecamatan di Kabupaten 50 Kota dan berada paling ujung Kabupaten 50 Kota dan Provinsi Sumatera Barat. Kecamatan Kapur IX berbatasan langsung dengan Provinsi Riau. Selain itu, Kecamatan Kapur IX tidak berada di jalur lintas (SUMBAR-RIAU) makanya kecamatan ini tidak se-eksis Kecamatan Pangkalan Koto Baru yang berada di jalur lintas.

Tugu Gambir di Kecamatan Kapur IX
Namun dibalik itu semua, ternyata Kecamatan Kapur IX memiliki banyak spot-spot nan indah karena sebagian besar daerahnya masih alami. Jika dilihat Kecamatan Kapur IX memiliki topografi perbukitan dan memiliki banyak anak sungai, makanya nama Kapur IX diambil dari adanya sembilan anak sungai yang terdapat di kecamatan tersebut.


Kecamatan Kapur IX masyarakatnya bermayoritas sebagai petani gambir. Karena Kecamatan Kapur IX adalah sentral perkebunan gambir tersebar bahkan di Indonesia. Luas lahan gambir yang produktif tercatat 5.682 ha dengan total produksi 4.764,10 ton pertahun. Kecamatan Kapur IX memiliki daerah yang luas yaitu 732,36 km2 dan dengan jumlah peduduk 25.981 jiwa. Kapur IX juga terdiri dari 7 nagari dan 31 jorong.

Selain masyarakatnya bisa dibilang sudah sejahtera jika dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten 50 Kota. Namun masih disayangkan karena perhatian pemerintah Kabupaten bahkan Provinsi belumlah terlalu maksimal. Hal tersebut bisa terlihat dari pembangunan akses jalan dan listrik belum merata dan masih ada masyarakat disana yang belum menikmati hal tersebut.

Kecamatan Kapur IX juga terlihat telah mulai berkembang. Baik dari segi pendidikan maupun didalam sarana dan prasana lainnya. Sampai sekarang tercatat sudah ada 33 SD yang tersebar di tujun nagari, enam SMP, dua SMA, satu MTSS dan satu PKBM. Disini juga sudah tersedia dua Puskesmas yang terdapat di Nagari Muaro Paiti dan Nagari Sialang. Selain perkantoran pemerintah yang sudah gagah berdiri. Di Kecamatan Kapur IX juga sudah tersedia sebuah penginapan yaitu Wisma Tanjung Damai yang berada di  Kenagarian Muaro Paiti. Jadi jika rekan-rekan berkunjung ke sini, tidak sulit lagi jika berlibur lebih dari satu hari.

Untuk Paradisenya (surga tersembunyi) di Kecamatan Kapur IX bisa dikatakan ada pada tiap nagari di kecamatan ini. Mulai dari pemandangan nan indah jika dilihat dari atas perbukitan, sungai-sungai yang menawan dan juga air terjun yang berjuta pesona yang telah tersohor baru-baru ini.

Jika kita berkunjung ke Kecamatan Kapur IX, Kita harus melalui jalan dari simpang tiga yang memiliki tugu MTQ di Kecamatan Pangkalan Koto Baru. Pertama memasuki Kecamatan Kapur IX kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam nan indah dan asri, di kiri dan kanan akan terlihat hutan semi gambut juga areal perkebunan gambir masyakatnya. yang terpapar sejauh mata memandang.


Nagari yang pertama kita lalui adalah Nagari Lubuk Alai dan Koto Lamo. Disini kita bisa melihat sungai kecil nan indah, meskipun kecil namun cekukan dangkal pada sungai tersebut sangat natural.

Pemandian Lubuk Sati
Pemandian Lubuk Sati
Jika bergerak sedikit kedalam menuju Nagari Koto Lamo, kita juga akan disuguhi tempat pemandian yang masih natural.


Pemandian Salosuong
Salosuang. Ya, itulah nama yang diberi oleh masyarakat disini. Salosuang adalah sebuah aliran sungai yang melewati batuan yang berlubang-lubang, meskipun disini tidak memungkin untuk berenang tetapi bisa menjadi view yang bagus bagi para instagramer untuk mencari surga tersembunyi.


Setelah melewati Nagari Lubuak Alai dan Koto Lamo, 6 km menuju kedalam kita akan memasuki Nagari Muaro Paiti dengan ditandai dengan adanya tugu gambir sebagai icon daerah penghasil gambir. di nagari ini terdapat kantor pemerintahan kecamatan dan juga Ibu Kota Kecamatan Kapur IX. Selain itu, disini juga banyak terdapat lokasi yang indah.

Tugu Gambir
Dinagari ini terdapat sumber mata air panas alami yang berada di tepi sungai batang kapur, danau biru dilokasi bekas pertambangan batu bara di tangai, tapian palolan yang sejuk dan muda-mudi sering nongkrong disini pada sore harinya, juga tapian pantai cermin.

Mata Air Panas Muaro Paiti
Tapian Pantai Cermin
Tapian Palolan
Saatnya bergerak lebih kedalam lagi, lokasi selanjutnya berada di Kenagarian Koto Bagun. Disini terdapat air terjun yang sangat indah, air terjun ini diapit oleh dua buah tebing pada sisi kiri dan kanannya yang memperindah lokasi ini. Juga terdapat ikan larangan yang terdapat di sosa juga keindahan patomuan.

Air Terjun Lubuk Batang Dari Jauh

Air Terjun Lubuk Batang Dari Dekat
Gerbang Menuju Sosa
Jembatan Gantung Sosa Menuju Patamuan

Tempat Rekreasi Sosa
Pemandangan Akses Jalan Menuju Patamuan

Air Terjun Patamuan

Patamuan
Setelah puas melihat keindahan sungai-sungainya, saatnya kita menuju ke Kenagarian Durian Tinggi, disana terdapat puncak bukit potai.

Pemandangan Bukit Potai
Setelah itu kita menuju ke Kenagarian Sialang. Disini tidak kalah menariknya, terdapat lokasi yang indah pada sungainya dan menawan pada daerah perbukitannya. disini juga ada mesjid tertua di Kecamatan Kapur IX bernama Masjid Godang Lamo.

Mesjid Godang Lamo
 
Tapian Pantai Lotna
Tapian Pantai Lotna Pada Sudut Yang Berbeda
Ngarai Sialang Batu
Ngarai Sialang Batu Pada Sudut Yang Lain
Ngarai Sialang Batu Dari Bawah
Puncak Sialang
Puncak Sialang Pada Sudut Lainnya
Nah... untuk edisi sekarang hanya itu dahulu rekan-rekan. Bagi yang belum mengunjungi Kecamatan Kapur IX agar bersegera mengunjungi Kecamatan ini untuk merasakan pesonanya. 
Wassallam...

Nb : 
- untuk foto diambil dari berbagai sumbar.
- jika teman-teman memiliki foto tempat wisata terbaru, silahkan dikirimkan kepada saya melalui email.

1 comment: