Saturday, March 11, 2017

JADILAH DIRIMU SENDIRI DENGAN KAREKTERMU SENDIRI

Oleh : Dayendra Sasri

ilustrasi
Sekarang ini banyak orang yang sebenarnya tidak bisa dikatakan dalam lingkup remaja lagi, tetapi tidak menjadi diri mereka sendiri. Mereka selalu berusaha menjadi pribadi orang lain, hanya untuk mencari perhatian publik semata. Banyak diantara mereka yang bisa dikatakan berprinsip Kekini-kinian, apa yang menjadi trend langsung diikuti tanpa adanya seleksi terlebih dahulu. Padahal apapun bentuk trendnya tidak selalu benar dan belum tentu cocok diterapkan.

Selain itu, ketika kita selalu mengikuti apa yang dilakukan orang lain, maka tanpa sadar kita telah kehilangan jati diri. Atau bisa juga kita melakukan sesuatu karena kita terpaksa mengikuti orang-orang terdekat atau keluarga, Yang pada akhirnya identitas diri kita tidak lagi jelas, menjadi labil, dan terombang-ambing bagai sebatang kayu di tengah lautan. Tidak jelas mau kemana dan mau menjadi apa.

Untuk menjadi diri kita sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Tetapi dibutuhkan niat dan tekat yang kuat, selalu berpegang dengan prinsip kita sendiri. Penulis tidak pernah menyamai prinsip penulis dengan orang lain. Sebagai contoh, banyak orang yang terpaku dan berdiam diri pada sebuah prinsip dari seseorang yang dijadikan pedoman, seorang motivator Mario t**** misalnya. “jika memandang dunia, lihatlah kebawah. Jika anda melihat keatas maka mata kelilipanlah yang anda dapatkan”.

Penulis tidak sepaham dengan prinsip tersebut, Karena menurut penulis itu terlalu kaku. Tetapi penulis cendrung bersifat fleksibelitas. Maka penulis mempunyai prinsip “lihatlah ke atas sebagai pendorong semangat, dan lihatlah kebawah sebagai perendahan diri”. Terkadang, ada kalanya kita bisa diatas dan ada kalanya kita dibawah.

Jadi, didalam mencari jati diri harus mempunyai prinsip. Buatlah prinsip hidup tersendiri berdasarkan pengalaman sendiri dan jangan pernah mengunakan prinsip orang lain tanpa kita pahami kadar kesempurnaannya. Disini penulis akan mencoba memberikan beberapa tips yang penulis gunakan yaitu :

1. Percaya diri.
Jika kita telah mempunyai percaya diri yang tinggi, maka kita tidak akan terpengaruh dengan omongan orang lain. Terkadang banyak orang lebih mempertimbangkan cemoohan orang lain ketika tampil atau melakukan sesuatu hal yang berbeda dengan kebiasaan. Selama kita berbuat benar, ya pede aja. Tidak perlu mendengarkan omongan orang yang justru membuat kita ragu dan berhenti melakukan sesuatu hal yang baik.

2. Punya prinsip hidup.
Inillah hal yang penting, keyakinan mendalam yang menjadi acuan dalam kehidupan itulah prinsip. Nilai-nilai yang bisa diambil menjadi prinsip hidup bisa berasal dari agama, adat, hukum, maupun norma. Prinsip ini yang akan menjadi pedoman apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jadi jika kita mempunyai pegangan, tidak asal ikut-ikutan dan plin-plan dalam mengambil keputusan. Jika ada sesuatu yang bertentangan dengan prinsip maka jangan dilakukan.

3. Memiliki cita-cita.
Ketahuilah bahwa orang yang memiliki cita-cita akan terarah hidupnya untuk mengejar apa yang dia impikan. Jika sesuatu hal bertentangan atau tidak sejalan dengan cita-cita maka jangan dilakukan. Jadilah diri sendiri dengan memiliki cita-cita yang jelas dan berasal dari keinginan kita sendiri, bukan hanya ikut-ikutan dan paksaan semata.

4. Bergaul dengan orang-orang yang positif.
Ingat, lingkungan sangat mempengaruhi seseorang. Jika seseorang bergaul dengan lingkungan yang agamis, maka seseorang tersebut akan agamis. Jika seseorang bergaul dengan lingkungan bebas, maka seseorang akan menjadi bebas. Jadi siapa teman kita akan menjadi salah satu penentu keberhasilan hidup. Teman bisa membantu kita untuk meraih cita-cita tetapi juga bisa merubah kita menjadi pribadi yang berbeda. Teman-teman yang baik akan mendorong kita untuk menjadi diri kita sendiri. Menyemangati kita untuk meraih cita-cita.

5. Ada figur yang diteladani.
Dipoin ini, kita tidak harus mencontoh kepribadian figur yang kita sukai. Jangan karena kita menteladani seorang figur kita berusaha menyamakan diri kita dengan figur tersebut. Ingat, mereka sudah memiliki jam terbang yang panjang. Tetapi disini hanya sebagai paduan dari kebaikan figur yang kita teladani yang kita jadikan acuan. Misalnya : saya ingin punya badan sehat dan bugar seperti Ade r** atau saya ingin mempunyai semangat belajar tinggi seperti Habi***.

Jadi, pengalaman sangat menentukan kualitas seseorang dan dari pengalaman seseorang bisa mengubah dirinya dengan prinsip-prinsip buatannya sendiri. Hidup itu pilihan, maka pilihlah jalanmu sendiri selagi masih dijalan yang benar. Sebagai contoh, penulis selalu berpakaian yang bernuasa militeristik, penulis mempunyai hobi radio komunikasi, penulis selalu memakai pipa saat meroko*, dll. Jadi penulis memiliki ciri khas tersendiri. Penulis tidak pernah berusaha menjadi pribadi orang lain. Ingat, hidup hanya sekali, jadilah dirimu sendiri. Jadilah yang terbaik yang kita bisa. Bahwa saya adalah saya.

Semoga bermanfaat,
Wassallam ...
 

No comments:

Post a Comment