Saturday, March 11, 2017

CARA BIJAK MENJAGA KERAHASIAAN PRIBADI

Oleh : Dayendra Sasri
ilustrasi rahasia

Senang bisa menulis lagi, semoga rekan-rekan pembaca dalam keadaan sehat semua dan tidak kurang suatu apapun. Sesuai judul kali ini, penulis akan mencoba menuliskan pengalaman penulis sendiri didalam hal menjaga kerahasiaan pribadi. Menjada kerahasia pribadi pada hakikatnya sangatlah sulit, bahkan lebih sulit lagi dari menjaga harta benda.


Jika kita mengutip dari wikipedia bahwa kerahasiaan pribadi adalah kemampuan satu atau sekelomok individu untuk menutup atau melindungi kehidupan dan urusan personalnya dari publik atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Privasi kadang dihubungkan dengan anonimitas walaupun anonimitas terutama lebih dihargai oleh orang yang dikenal publik. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamanan.

Dari pengetian di atas kita bisa menjabarkan bahwa perlunya menjaga kerahasiaan pribadi. Terkadang jika kita didalam perasaan gundah, maka secara psikologis diri kita akan mencari jalan untuk mencari jalan keluar dari masalah. Sekurang-kurangnya dengan kita berbagi cerita dengan orang terdekat, tapi ketahuilah bahwasannya itu sangat berbahaya.

Dari pengalaman penulis. Penulis semenjak dahulu memang sudah menerapkan benteng atau tapal batas dalam hal privasi atau kerahasiaan pribadi. Bukan karena menyimpan sesuatu yang bersifat (negatif) tapi dalam hal (positif) sekalipun. Karena yang namanya manusia tidak akan pernah dalam keadaan baik selalu, ada kalanya sebuah hubungan memanas.

Siapa yang ingin semua orang tahu segalanya tentang diri kita? Ada beberapa hal yang lebih kita pilih untuk disimpan oleh diri kita sendiri ketimbang berbagi dengan orang terdekat kita. Tapi apakah mungkin untuk menjaga rahasia di zaman ketika posting di media sosial itu dapat menjangkau khalayak luas dalam waktu singkat? Itu semua tergantung pada kebijaksanaan Anda sendiri, dan berhati-hatilah kepada orang yang anda percayai untuk menyimpan informasi pribadi anda. Dibawah ini penulis merangkum cara-cara yang bijak didalam menjaga kerahasiaan diri sendiri.
                        
      1. Berhati-hati dengan orang yang anda percayai.

Anda harus sangat berhati-hati tentang siapa yang anda percayai dengan rahasai anda. Beberapa orang tidak sangat handal, bahkan jika anda meminta mereka untuk tetap diam dan tidak memberitahu siapapun apa yang baru saja anda katakan kepada mereka. Beritahukan lah kepada orang-orang yang dapat benar-benar yakin dan percayai. Bahkan orang yang bijaksana sekalipun bisa tidak sengaja kelepasan bicara atau tidak pandai dalam menyimpan rahasia.

   2. Jika anda tidak mengacaukannya, anda aman.
Cara terbaik untuk memastikan rahasia tetap aman adalah dengan tidak melakukan apapun yang anda butuhkan untuk menjaga rahasia. Bersikap hati-hati dan bijaksana, di poin ini jika anda tidak menyacaukannya, berarti anda aman.

  3. Anda tidak perlu memberitahu siapapun (beberapa hal adalah hal pribadi).
Orang bisa menjadi usil dan bertanya segala macam pertanyaan pribadi dan anda mungkin merasa bahwa tidak sopan jika anda tidak merespon. Tetapi jika orang lain mengajukan pertanyaan pribadi, anda tidak harus menjawabnya. Beritahu mereka bahwa anda tidak bersedia untuk menjawab pertanyaan tersebut jika anda lebih memilih untuk menjaga hal-hal tersebut untuk diri anda sendiri. Itu hak prerogatif anda. Jangan merasa berkewajiban untuk memberitahu siapa pun mengenai segalanya.

      4. Jauhkan dari internet.
Jika ada sesuatu yang anda benar-benar tidak ingin orang lain tahu, jauhkan dari internet. Sementara NSA mungkin tidak terlalu tertarik pada kehidupan pribadi anda, anda tidak pernah bisa 100% yakin bahwa informasi anda tidak akan diakses oleh seseorang. Tidak ada situs yang dijamin sangat aman, jadi sangat berhati-hati dengan apa dan dimana anda memposting.

5 5. Berbohong jika anda harus melakukannya.
Biasanya tidak akan dianjurkan untuk berbohong, tetapi jika itu membantu anda menjaga rahasia maka mungkin ini bisa menjadi pilihan terbaik. Beberapa hal yang lebih anda suka simpan untuk diri sendiri, dan mungkin bukan urusan orang lan. Jika anda harus, kebohongan dapat membantu menutupi rahasia anda.

 6. Menutupi diri (mengantisipasi bagaimana cara orang dapat mengetahui rahasia anda).
Anda juga dapat dengan cerdik menutupi diri dengan mengantisipasi bagaimana cara orang dapat mengetahui rahasia anda. Kemudian anda bisa mengetahui bagaimana untuk menghentikan mereka, ini bisa termasuk menjadi bijaksana tentang siapa yang anda beritahu atau dimana anda melakukan kegiatan yang ingin anda tetap menjadi rahasia.

      7. Menjaga rahasia orang lain.
Menjadi orang yang dapat dipercaya berarti anda lebih mungkin untuk memberikan kepercayaan yang sama. Jika anda telah menunjukkan bahwa diri anda dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia orang lain, mereka akan lebih cenderung untuk menjaga rahasia anda kembali dan itu adil untuk berhati-hati jika anda ingin orang lain untuk menjaga rahasia anda.

Mungkin sulit untuk menjaga rahasia, tetapi itu jauh lebih mungkin jika anda berhati-hati. Jadi bersikap bijaksana atau orang-orang yang usil akan mencari tahu. Tujuan penulis membuat tulisan ini karena ada beberapa rekan-rekan yang selalu penasaran dan menggambarkan diri penulis sebagai seorang yang (memiliki keanehan). Hahahah... itu suatu lelucon yang cukup menghibur bagi penulis sendiri. Sebab penulis sejak dahulu selalu membentengi diri penulis dengan orang-orang terdekat. Sehingga pribadi terdalam penulis selalu menjadi rahasia.

Satu poin lagi yang penulis kasih tahu kepada pembaca. Karena penulis selalu menerapkan trik ini jika dalam keadaan gundah. Penulis selalu curhat dengan orang yang jauh, meskipun tidak selalu dapat solusi. Tetapi setidaknya penulis telah menuangkan perasaan yang selama ini terpendam, ingat. Jika suatu permasalah selalu dipendam, lama-kelamaan akan menjadi penyakit loh.

Keuntungan lain yang penulis dapatkan dari trik ini adalah penulis tidak pernah merasa takut jika sewaktu-waktu sebuah persahabatan memanas, karna biasanya jika terjadi sebuah pertikaian, sebuah rahasia akan menjadi terancam dan itu menjadi senjata ampuh untuk mengalah kan lawan.

Semoga semua pembaca dapat mengambil sebuah kesimpulan dari tulisan penulis yang terkadang bersayap, ingat. Yang namanya kerahasiaan pribadi akan tetap mejadi rahasia pribadi, biarlah diri kita sendiri dan tuhan yang mengetahui dan jangan gegabah apalagi membagi cerita dengan orang terdekat.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat.

Wassalam ...

No comments:

Post a Comment