Wednesday, December 28, 2016

PERINGATAN SEBELUM DATANGNYA MAUT

Oleh : Dayendra Sasri


ilustrasi kematian


UTUSAN SEBELUM DATANGNYA KEMATIAN

Diceritakan bahwa para Nabi bertanya kepada malaikat maut, “apakah kamu mempunyai utusan yang memberi peringatan kepada manusia agar mereka bersiap-siap menerima kedatanganmu?”. Malaikat maut menjawab, “aku telah memberi peringatan kepada menusia dengan mengirim utusan yang sangat banyak, diantaranya ;

  1. tenaga yang sudah melemah,
  2. penyakit,
  3. uban yang mulai tumbuh,
  4. usia yang sudah tua, dan
  5. serta berubahnya pendengaran dan penglihatan."
Apabila orang itubelum juga bertaubat, padahal aku telah mengirim utusan-utusan yang banyak kepadanya. Maka ketika aku mencabut nyawanya, akan kukatakan kepadanya, “bukankah aku telah mengirimkan kepadamu setelah datang para rasul dan memberikan peringatan kepadamu setelah datang memberi peringatan? Aku adalah utusan dan pemberi peringatan terakhir.”

Selama matahari tetap terbit dan terbenam maka malaikat selalu berseru, “wahai orang-orang yang berumur 40 (empat puluh tahun), ini saatnya bagi kalian untuk mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya, karena pikiran serta kekuatanmu masih kuat. Wahai orang-orang yang telah berumur 50 (lima puluh tahun), waktu menuai telah dekat. Wahai orang-orang yang telah berumur 60 (enam puluh tahun), engkau telah lupa dengan siksaan dan tidak mengindahkan panggilan, maka tidak seorang pun yang akan menjadi penolongmu.”


“Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan! (QS. Fathir : 37)”.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Allah memberikan kemudahan kepada seseorang dengan menangguhkan ajalnya hingga berumur 60 (enam puluh tahun). Kemudian paling besar yang  diberikan Allah kepada Bani Adam adalah mengutus para rasul untuk menyempurnakan ajaran agama.”
“Dan kami tidak akan mengazab sebelum kami mengutus seorang Rasul. (QS. Al-Isra : 15)
Diceritakan bahwa malaikat maut datang menemui Nabi Daud dan ketika bertemu Nabi Daud bertanya, “siapakah engkau?”

Malaikat maut berkata, “Tidak ada seorang pembesar yang aku takuti, tidak ada satu benteng yang sanggup mencegahku dan tidak ada seorangpun yang bisa menyuapku.”
Nabi Daud kemudian berkata, “Jadi engkau adalah malaikat maut?”
Malaikat Maut menjawab “Benar”.
Nabi Daud berkata, “Mengapa engkau mendatangiku sedangkan aku masih belum siap.”
Malaikat Maut lalu bertanya, “Di mana si fulan teman mu itu? Di mana tetanggamu si fulan?”
Nabi Daud menjawab, “Dia telah meninggal!
Malaikat Maut berkata, “Mereka merupakan peringatan bagimu agar kamu siap menghadapi mati.”

Al-Amari juga berkata, “Demam merupakan utusan kematian, maksudnya mengingatkan kita tentang adanya kematian.” Kemudian ada juga yang berkata, “Kematian keluarga, sahabat, karib-kerabat merupakan peringatan untuk kita di setiap waktu.” Usia 60 (enam puluh tahun) merupakan peringatan penghabisan, karena pada usia ini takdir Allah mendekati seseorang. Sudah saatnya seseorang pada usia ini menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan bersiap menerima takdir serta perjumpaan dengan Allah SWT.


DUA PEMBERI PERINGATAN :
  1. peringatan yang disampaikan oleh Nabi.
  2. usia tua, yaitu usia yang telah mencapai 60 (enam puluh tahun). 
Allah SWT berfirman, “Dan umurnya sampai 40 (empat puluh tahun) ia berdo’a, “Ya Tuhan, tunjukkan aku untuk mensyukuri nikmat engkau. “QS. Al-Ahwaf : 15). Orang yang telah mencapai umur 60 (enam puluh tahun) sudah waktunya untuk memulai menghitung nikmat Allah SWT dan bersyukur kepada kedua orang tuanya.

             Malik berkata. “Aku melihat orang-orang berilmu yang tinggal di daerahku selalu bekerja keras untuk kehidupan dunia dan selalu bergaul satu sama lain, tetapi setelah berumur 40 (empat puluh tahun), maka mereka mengasingkan diri dari orang banyak!”

TANDA 100 HARI SEBELUM MENINGGAL

Ini adalah tanda peringatan pertama dari Allah SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimanapun semua orang islam akan mendapat  tanda ini hanya saja mereka menyadari atau tidak. Tanda ini akan berlaku lazimnya selepas waktu ashar, seluruh tubuh yaitu dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil, contohnya seperti daging lembu yang baru saja disembelih dimana jika diperhatikan dengan teliti, kita akan mendapati daging tersebut seakan-akan bergetar.

Tanda ini rasanya nikmat dan bagi mereka yang sadar dan berdetik dihati bahwa mungkin ini adalah tanda mati, maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehadiran tanda ini. Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa sembarang manfaat.

Bagi yang sadar akan kehadiran tanda ini, maka ini adalah peluang terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa untuk ditinggalkan sesudah mati dengan amalan dan urusan yang akan dibawah atau ditinggalkan sesudah mati.

TANDA 40 HARI SEBELUM MATI

Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu shalat ashar, bagian pusar kita akan berdenyut-denyut pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang telaknya diatas arash Allah SWT, maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediannya diatas kita, antaranya ialah akan mulai mengikuti kita sepanjang masa.

Akan terjadi malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sekilas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih akan merasakan seakan-akan bingung dan linglung seketika. Adapun malaikat maut ini wajudnya Cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.

TANDA 7 HARI

Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera untuk makan.

TANDA 3 HARI

Pada waktu ini akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kiri dan kanan, jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandung banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti. Ketika ini juga mata menjadi hitam dan kita tidak bersinar lagi dan bagi orang yang sakit, hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat dikesan jika kita melihatnya dari bagian sisi telinganya akan layu dimana bagian ujungnya akan berangsur-angsur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terbujur akan perlahan-lahan jatuh kedepan dan sukar ditegakkan.

TANDA 1 HARI

Akan berlaku sesudah shalat Ashar dimana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu dikawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ashar keesokan harinya.

TANDA AKHIR

Akan terjadi keadaan dimana kita akan merasakan sejuk dibagian pusar dan rasa itu akan turun kepinggang dan seterusnya akan naik ke bagian Halkum. Ketika itu hendaklah kita terus mengucapkan kalimat Syahadat dan berdiam diri dan manantikan kedatangan malaikat maut untuk menjeput kita kembali kepada Allah SWT yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.

penulis mengutip dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment