Monday, June 12, 2017

HOBI TANAMAN HIAS? HATI-HATI ADA YANG BERBAHAYA!

Oleh : Dayendra Sasri

Memelihara tanaman di rumah adalah hobi kebayakan orang, terutama kaum ibu-ibu yang suka menghias halaman rumah dengan kumpulan pot-pot tanaman hias. Memang jika memiliki banyak tanaman yang segar dan berdaun hijau di pekarangan rumah akan membuat rumah tampak lebih semarak hingga mampu membersihkan udara di sekitarnya. 
 
Namun kita perlu mengetahui bahwa tidak semua tanaman hias bagus untuk kesehatan, ada diantaranya yang bisa membahayakan kesehatan jika kita menanamnya di sekitar rumah. Beberapa tanaman tersebut bisa membahayakan kesehatan, baik itu kesehatan kita sendiri maupun hewan peliharaan.

Berikut adalah tanaman-tanaman yang bisa membahayakan kesehatan :
 
1. Oleander
Tanaman Bunga Oleander
Bunga oleander biasanya memiliki bunga-bunga yang indah dan berukuran kecil, bunga tersebut bisa berwarna putih, pink ataupun merah. Sebenarnya tanaman ini tidak mengeluarkan senyawa beracun yang bisa terbawa oleh udara. Tetapi akan berakibat fatal jika anak-anak mencicipi bunga kecil tanaman oleander ini. Gejala keracunan yang ditimbulkannya berupa detak jantung menjadi lambat, mengantuk dan gemetar.
 
2. Hydrangea
Tanaman Bunga Hydrangea
Bunga dari tanaman hydrangea yang memiliki bentuk bunga berwarna keunguan dan tumbuh secara bergerumbul memang tampak cantik dipandang mata. Tetapi dibalik kecantikan bunganya yang menggoda tadi ternyata mengandung bahaya yang sangat mengancam nyawa senyawa kimia yang terdapat pada bunga tanaman hydrangea ini adalah sianida. Bila bunga ini disengaja maupun tidak terkonsumsi oleh kita maupun hewan peliharaan akan berdampak fatal.

3. Rhododendron dan Azelae
Tanaman Bunga Rhododendron dan Azelae
Kedua tanaman ini memang sangat cantik dengan warna yang mencolok yang tampak indah dipandang mata. Tapi hampir seluruh kesatuan tubuh tanaman ini berbahaya. Baik itu daun, bunga, batang, maupun akarnya akan berbahaya jika terkonsumsi. Jika bagian tubuh tanaman ini terkonsumsi maka akan mengakibatkan sakit perut, kesulitan bernafas, lumpuh, koma, hingga bahkan kematian bila tidak sengaja mengonsumsinya.

4. Bunga Lili
Tanaman Bunga Lili
Bunga yang satu ini tidak kalah indahnya. Tetapi bunga ini bisa membahayakan hewan peliharaan anda, terutama kucing. Bila kucing dirumah tidak sengaja mengonsumsi sedikit dari bunga ini akan menyebabkan gagal ginjal atau kematian pada kucing. Kan kasihan juga jika kucing kita mati sia-sia.

5. Kuping Gajah
Tanaman Bunga Kuping Gajah
Hampir setiap pekarangan rumah di Indonesia memiliki tanaman hias yang satu ini. Saya rasa jarang yang tidak mengetahui tanaman hias yang satu ini. Bunga nya yang indah dan batangnya yang bagus. Diefenbachia adalah nama lain dari tanaman ini. Tanaman ini akan berakibat fatal jika tidak sengaja terkonsumsi. Bagian yang paling berbahaya adalah bagian daun tanamannya. jika terkonsumsi bisa menyebabkan dinding saluran pernafasan membengkak dan tertutup jalan udara. Bahkan dengan hanya menggosokkan daunnya saja bisa mengakibatkan sensasi terbakar dan gatal-gatal pada kulit.

6. Jelatang
Tanaman Jelatang
Ini yang paling berbahaya, jika kulit kita tidak sengaja menyentuh bagian duri lunak yang berada di bagian tepi daun tanaman jelatang ini akan mengakibatkan kulit terasa terbakar dan membengkak, jika tubuh seseorang lemah maka bisa mengakibatkan pusing dan mual. Tapi tenang, tanaman yang terakhir ini bukanlah termasuk tanaman hias. Saya rasa sampai sekarang pun belum ada orang yang begitu nekat menggunakan tanaman jelatang ini untuk tanaman hias di pekarangan rumah.

"Terkadang tidak semua yang bagus itu baik dan semua yang buruk itu salah, bijaklah didalam memilih."

Sekian.. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment