Friday, March 17, 2017

BAHAYA PHISHING TERHADAP AKUN FACEBOOK ANDA


Oleh : Dayendra Sasri

ilustrasu akun
Phishing/ Fake Login adalah suatu metode yang digunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabuhi target menggunakan fake form pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya. Dalam hal ini, kita membahas tentang Phishing terhadap facebook. Pada dasarnya phising dibuat oleh para developer pihak ketiga, keempat, dan seterusnya. Sebagai area untuk melanjutkan pencarian kita ke halaman yang dituju.

            Dalam hal ini, dari akun anda akan di transfer ke database web yang menyelenggarakan fake login tersebut (Id, Password, dll). data anda dapat diakses tanpa sepengatahuan anda, kalau niat pelaku buruk, akun anda dapat dijadikan sarana untuk mengakses beberapa aplikasi yang dapat merugikan pihak lain dan anda sendiri. Anda akan berurusan dengan pihak berwajib apabila akun anda digunakan secara tidak wajar (Flaming, Sara, dll). mengapa hal ini bisa terjadi? Karna itu mutlak akun anda dan siapapun tidak bisa disalahkan. Karena andalah sang pengelolah akun tersebut. Itu salah satu dampak buruknya dan masih banyak lagi dampak yang akan terjadi.

            Ketika anda sedang melakukan selancar ria di internet dan memasuki situs-situs tertentu yang membutuhkan login dengan akun facebook anda, harap untuk memperhatikan Link URL. Pastikan anda masuk ke akun facebook anda hanya dengan menggunakan link resmi dari facebook. Contoh beberapa link resmi facebook :

  • https://facebook.com..
  •  http://fb.com..
  • http://m.facebook.com..
  •  http://id-id.facebook.com.
            Untuk itu penulis sarankan kepada rekan-rekan para user facebook, harap berhati-hati dalam mengelola akun anda. Karna dizaman teknologi seperti sekarang ini, banyak cara yang dapat dilakukan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Semuanya akan baik-baik saja apabila developer yang mengelola phishing/ fake menggunakan akun anda hanya untuk keperluan identitas dan data diri semata, namun anda juga harus memikirkan dampak negatifnya.

Untuk itu bijaklah didalam menggunakan akun anda, periksa selalu keamanan akun anda dan jangan pernah memberikan akun anda kepada seseorang. Kunci akses yang kiranya bersifat pribadi dan jangan terlalu membuka diri dengan melalui dunia maya. Ingat, kesalahan anda akan dijadikan modal untuk menjebak anda.

Semoga bermanfaat...


No comments:

Post a Comment